Header Ads

5 Cara Untuk Mengepang Rambut

 5 Cara Untuk Mengepang Rambut

Model Rambut KepangKepang adalah langkah yang bergaya untuk merapikan rambut. Kepang termasuk terlihat amat modis dan bergaya. Artikel ini akan menunjukkan langkah mengepang rambut standar. Selain itu, ada termasuk sebagian kiat untuk mengakibatkan kepang yang cantik. Setelah menguasai dasar-dasarnya, Anda dapat mencoba kepang yang lebih rumit, seperti kepang Prancis dan kepang ekor ikan.


Langkah Kepang Tradisional

1. Uraikan rambut dengan sikat atau sisir bergigi jarang. Kepangan dapat dibikin dengan lebih cepat pada rambut yang tidak kusut. Anda wajib dapat menyisir dengan ringan tanpa halangan. * Jika rambut yang ditangani tidak tipis atau berlapis, manfaatkan sedikit air atau gel untuk melembapkan rambut. Ini akan mengakibatkan rambut lebih ringan dikerjakan.

* Anda dapat mengepang rambut basah atau kering. Jika rambut basah sepenuhnya, hasil kepangan amat licin dan rapat, selagi kepangan rambut kering terkesan agak tidak rapi.

* Jika Anda mengepang rambut kering, sebaiknya jalankan sebagian hari sehabis keramas sehingga hasilnya terlihat rapi. Rambut yang agak berminyak akan lebih ringan dikepang daripada rambut yang baru dicuci.

2. Awali dengan menguncir rambut (opsional). Jika Anda menguncir rambut jadi ekor kuda, hasil kepangnya akan lebih rapi. Setelah terbiasa, Anda dapat mengepang rambut dimulai dari tengkuk tanpa wajib mengikatnya.

3. Bagi rambut jadi tiga. Tiga bagian ini akan jadi untaian kepang sehingga bagiannya wajib sesama mungkin. * Ambil bagian kanan dengan tangan kanan dan bagian kiri dengan tangan kiri, dan bagian sedang dibiarkan saja (untuk sekarang).

* Pegang rambut di tangan kanan dan kiri pada telapak dan jari tengah, jari manis, dan kelingking, selagi telunjuk dan ibu jari senantiasa bebas.

4. Silangkah bagian kiri melalui bagian tengah. Jika tadinya urutannya adalah A B C, sekarang beralih jadi B A C. * Dengan telunjuk dan ibu jari tangan kiri, ambil bagian sedang rambut.

* Dengan telunjuk dan ibu jari tangan kanan, ambil bagian kiri rambut yang ditahan di telapak tangan kiri

* Bagian kiri yang asli sekarang adalah bagian tengah


5. Silangkan bagian kanan di atas bagian tengah. Urutan rambut yang tadinya B A C jadi B C A. * Di tangan kiri, pindahkan rambut yang ada di pada telunjuk dan ibu jari sehingga jari lain menahannya dengan telapak.

* Dengan manfaatkan telunjuk dan ibu jari kiri, ambil bagian rambut yang ditahan di tangan kanan (tetapi bukan yang ditahan oleh ibu jari dan telunjuk).

* Bagian kanan yang asli sekarang jadi bagian tengah.

6. Teruslah menjalin seperti tadi. Gunakan telunjuk dan ibu jari yang "bebas" di satu tangan untuk mengambil alih bagian "belakang" rambut (ditahan dengan tiga jari lain pada telapak) dari tangan sebelahnya. * Kencangkan kepang sambil menjalin. Tiap kali bergeser tangan, kencangkan rambut sehingga kepang bergerak ke atas dan mengencang. Namun, jangan menarik amat kencang.

* Teruskan sampai ujung rambut, hanya menyisakan lebih kurang 3–7 cm rambut yang tidak dapat dikepang.


7. Ikat ujung rambut. Gunakan ikat rambut bukan karet untuk mengencangkan ujung kepangan. Lilitkan sebagian kali sampai kencang. * Hindari gelang karet yang dapat mengakibatkan kerusakan rambut dan sukar dilepaskan.

* Bila memungkinkan, manfaatkan pengikat ekor kuda yang sama warnanya dengan warna rambut atau transparan sehingga nampak menyatu dengan kepangan. Ini akan mengakibatkan kepang terlihat lebih natural dan menarik perhatian orang pada kepangan, bukan pengikatnya.

8. Semprotkan hairspray (opsional). Hairspray atau gel dapat mendukung rambut sehingga tidak berantakan sehabis sebagian lama. * Pastikan Anda manfaatkan hairspray sebelum menambahkan hiasan rambut.

* Gunakan serum kilau pada kepangan untuk berikan kilau ekstra. Gosokkan di kedua telapak tangan dan oleskan di sepanjang kepangan.

9. Tambah hiasan pada kepangan (opsional). Ikatkan pita berwarna di ujung kepang untuk ornamen ekstra. * Anda dapat manfaatkan tule, sutra, atau aksen zig-zag, yang sepenuhnya ditemukan dalam berbagai warna di toko kain.

* Gunakan jepit lucu atau bros untuk dijepitkan di dekat basic kepang atau untuk menghambat poni.


Kepang Prancis

1. Luruskan rambut kusut. Kepang Prancis amat sukar dibikin terkecuali rambut kusut sehingga Anda wajib menyempatkan sebagian menit untuk mengurai rambut kusut dengan sikat atau sisir bergigi jarang.

2. Bagilah rambut. Untuk kepang Prancis tradisional, ini adalah bagian depan rambut yang paling dekat dengan dahi dan pelipis. * Anda tidak wajib senantiasa memulai kepang Prancis di atas kepala. Cara itu sebenarnya paling ringan untuk belajar, namun secara teori Anda dapat memulai kepang Prancis di mana saja. Pastikan rambut di atas telinga dimasukkan dalam bagian awal terkecuali mengambil keputusan untuk memulai dari atas. * Anda dapat mengakibatkan sebagian kepang Prancis dengan sebagian bagian rambut. Jika rambut Anda pendek, akan lebih ringan mengakibatkan dua kepang medium daripada satu kepang besar.

3. Pisahan bagian awal jadi tiga bagian sama rata. Ketiga bagian ini yang akan jadi awal kepangan. * Trik kepang Prancis adalah meyakinkan ketiga bagian sama banyaknya. Awali kepangan dengan baik, yakni dengan membagi tiga bagian rambut dengan rata. * Pastikan bagian rambut menjadi dari baris yang sama, tidak miring. Mencari bagian rambut yang saling berdekatan termasuk akan membantu.

4. Pegang ketiga bagian rambut di tangan. Dengan memegang rambut secara benar, kepangan akan rapi dan selesai dengan cepat. Meskipun Anda barangkali akan menemukan langkah yang lebih nyaman, berikut tehnik pegangan dasarnya: * Pegang bagian rambut kiri dengan tangan kiri. * Pegang bagian sedang di pada ibu jari dan telunjuk tangan kanan. * Pegang bagian kanan di pada telapak tangan kanan dan jari paling akhir tangan kanan.

5. Pindahkan bagian kiri ke tengah. Berikut langkah memindahkan bagian kanan tanpa melepas pegangan pada kepangan: * Dengan ketiga jari paling akhir di tangan kiri, pegang bagian rambut kiri di pada jari dan telapak tangan. Dalam posisi ini, ibu jari dan telunjuk kiri akan bebas. * Dengan ibu jari dan telunjuk kiri, lewati bagian sedang dan ambil bagian kanan. Sekarang tangan kiri Anda memegang dua bagian dan tangan kanan memegang satu bagian.

6. Pindahkan bagian kiri ke tengah. Proses ini sama dengan langkah sebelumnya. * Dengan ketiga jari paling akhir tangan kanan, pegang bagian rambut kanan di pada jari dan telunjuk. Dalam posisi ini, ibu jari dan telunjuk kanan akan bebas. * Dengan ibu jari dan telunjuk kanan, lewati bagian sedang dan ambil bagian kiri. Sekarang tangan kanan Anda memegang dua bagian dan tangan kiri memegang satu bagian.

7. Tambahkan rambut ke bagian kanan. Sebelum langkah ini, Anda hanya mengakibatkan kepang biasa. Dan di sini, bagian "Prancis" menjadi ditambahkan. Anda barangkali wajib mencoba sebagian kali sampai benar, namun akan lebih ringan terkecuali menjadi jadi biasa dengan pegangan. * Lepaskan bagian tengah, dan biarkan bergantung di pada bagian kiri dan kanan. Anda wajib dapat membedakannya dari bagian rambut yang lain. Letaknya agak di atas rambut yang belum dikepang. * Pegang bagian kiri di pada ketiga jari paling akhir tangan kiri dan telapak tangan kiri, dan ambil bagian kanan dengan ibu jari dan telunjuk kiri. Tangan kanan Anda akan bebas. * Dengan tangan kanan, tarik sedikit rambut yang tidak terkepang dari sisi kanan kepala. Ambil bagian baru ini dengan ibu jari dan telunjuk kiri untuk ditambahkan ke bagian kanan kepangan. * Ambil ulang bagian tengah. Pegang dengan tangan kanan, dan gerakkan ke kanan sehingga membentuk bagian kanan yang baru. Bagian yang ditambahkan dengan rambut baru, di pada ibu jari dan telunjuk kiri, kini jadi bagian tengah.

8. Tambahkan rambut ke bagian kiri. Proses ini sama seperti langkah sebelumnya, namun dengan sisi yang berlawanan. * Lepaskan bagian tengah. Sekali lagi, bagian itu akan menggantung di pada bagian kiri dan kanan. * Pegang bagian kanan di pada ketiga jari paling akhir tangan kanan dan telapak tangan kanan. * Ambil bagian kiri dengan ibu jari dan telunjuk kanan. Tangan kiri sekarang bebas. * Dengan tangan kiri, tarik sedikit rambut yang bebas dari sisi kiri kepala. Ambil bagian baru ini dengan ibu jari dan telunjuk kanan untuk ditambahkan pada bagian kiri kepang. * Ambil ulang bagian tengah. Pegang dengan tangan kiri, dan pindahkan ke kiri jadi bagian kiri yang baru. Bagian yang ditambahkan rambut bebas, di pada ibu jari dan telunjuk kanan, kini jadi bagian tengah.

9. Teruslah mengepang dalam pola ini. Tidak ada ulang rambut yang dapat ditambahkan dikala Anda menggapai pangkal leher dan diselesaikan dengan kepang biasa. Agar kepangan senantiasa rapi, coba menambahkan bagian yang lebih kurang sama banyaknya di sepanjang kepangan. . Jalin sisa rambut dengan kepang biasa. Teruskan menjalin sisa rambut dengan kepangan tiga bagian biasa. . Ikat ujungnya. Gunakan ikat rambut yang warnanya sama dengan warna rambut, atau ikat transparan yang menyatu dengan rambut. Hindari karet gelang yang dapat mengakibatkan kerusakan rambut dan sukar dilepas. . Gunakan hairspray (opsional). Hairspray atau gel dapat menghambat helaian rambut lepas dari kepangan. * Jika Anda mendambakan manfaatkan hiasan, semprotkan hairspray khususnya dahulu. Ini dilaksanakan sehingga residu hairspray tidak mengenai jepit atau pita. * Serum kilau akan mendukung rambut terlihat halus dan lembut terkecuali rambut Anda condong kasar dan kering.

10. Tambahkan hiasan pada kepang (opsional). Untuk aksen, ikat pita berwarna di ujung kepang. * Anda dapat manfaatkan tule, sutra, atau zig-zag yang ada dalam berbagai warna di toko kain. * Anda termasuk dapat menambahkan kesan mewah dengan menambahkan bros cantik atau sebagian jepit di sepanjang kepangan.


Kepang Ekor Ikan

1. Pisahkan rambut jadi dua bagian yang sama banyaknya. Kepang ekor ikan nampak terbuat dari sebagian helai kecil, namun sebenarnya hanya dua bagian utama. * Untuk kepang rapi, belah rambut dengan sisir bergigi rapat, dari dahi sampai ke pangkal leher.

* Untuk penampilan yang agak berantakan, seperti kepang Katniss Everdeen, belah rambut dengan tangan dan pisah jadi dua bagian yang lebih kurang sama banyaknya.

* Anda dapat mengakibatkan kepang ekor ikan dengan rambut basah atau kering.

2. Tarik sedikit rambut dari bagian kiri ke bagian kanan. Setelah jelas caranya, Anda dapat melakukannya sampai kepang selesai. * Pegang bagian kanan dengan tangan kanan.

* Lepas bagian kiri. Karena hanya mengerjakan dua bagian, Anda tidak wajib kuatir rambut akan tercampur.

* Dengan manfaatkan tangan kiri, tarik sedikit rambut terkiri dari bagian kiri. Artinya, dari sisi kiri rambut yang paling dekat dengan telinga.

* Ambil helai rambut dari bagian kiri dengan tangan kanan, masukkan ke dalam kepang bagian kanan.

* Pegang bagian kiri rambut di tangan kiri lagi. Ketika diambil, Anda dapat mengusap bagian berikut untuk meluruskan terkecuali ada rambut yang kusut dan mengencangkan kepangan.


3. Tarik sedikit rambut dari bagian kanan ke bagian kiri. Ini sama seperti langkah sebelumnya, namun terbalik. * Untuk kepang yang nampak rumit, tarik lebih sedikit rambut. Untuk kepang yang lebih cepat, tarik lebih banyak.

* Tahan bagian kiri di tangan kiri.

* Lepas bagian kanan. Sekali lagi, karena hanya mengerjakan dua bagian rambut, Anda tidak wajib kuatir rambut akan tercampur.

* Dengan tangan kanan, tarik sedikit rambut dari sisi terkanan bagian kanan (atau bagian yang paling dekat dengan telinga).

* Ambil sedikit rambut dari bagian akan dengan tangan kiri, masukkan ke dalam bagian kiri kepangan.

* Tahan bagian kanan rambut dengan tangan kanan. Setelah diambil, Anda dapat mengusap bagian itu untuk meluruskan rambut yang kusut dan mengencangkan kepangan.


4. Ulangi pola ini sampai ujung rambut. Teruslah menjalin dan menambahkan helaian rambut sampai ujung. Usahakan menambahkan bagian rambut dengan ukuran yang sebisa barangkali sama.

5. Ikat ujung kepang dengan pita atau ikat rambut bukan karet.

Kepang Lima

1. Pisahkan rambut jadi lima bagian yang sama banyaknya. Kepang lima terlihat lebih rumit dan elegan daripada kepang tiga biasa, dan ringan dilaksanakan sehabis Anda jelas prosesnya. * Saat baru belajar, memperhitungkan untuk mengikat rambut jadi ekor kuda dan menjadi mengepang dari sana sehingga ada basic yang stabil.

* Kepang lima lebih ringan dibikin selagi rambut basah atau berminyak karena sebagian hari tidak keramas. Kondisi ini memudahkan pembagian rambut dan sehingga rambut yang lepas tidak sangkut di bagian lain.

2. Pegang kelima bagian dengan dua tangan. Akan lebih ringan terkecuali Anda memegang dua bagian kiri dengan tangan kiri dan dua bagian kanan dengan tangan kanan, selagi bagian sedang dibiarkan terlepas. * Anda dapat menomori tiap bagian rambut untuk memudahkan. Rambut akan diurutkan jadi .

3. Pindahkan bagian paling kiri ke tengah. Tempatkan melampaui bagian 2 dan di bawah bagian 3 sehingga kini jadi bagian tengah. * Sekarang, urutannya adalah .

* Pada dasarnya, Anda sedang menganyam rambut, dari kanan ke kiri dan kiri ke kanan.

4. Anyam bagian paling kanan ke tengah. Lewati bagian 4 dan masukkan di bawah bagian 1 sehingga 5 sekarang jadi bagian tengah. * Sekarang, urutannya adalah .

5. Teruslah menganyam sampai ujung. Lanjutkan menganyam bagian rambut terluar dan pindahkan ke tengah.

6. Ikat ujungnya. Gunakan pita atau ikat rambut bukan plastik untuk mengikat ujung kepang.


Gaya Lain

1. Pelajari langkah mengakibatkan kepang Belanda. Ini adalah kebalikan kepang Prancis. Caranya tidak menjalin rambut di atas rambut, namun di bawahnya. Kepang ini ringan dibuat, dan menciptakan dampak 3D di atas rambut, tidak seperti kepang Prancis yang tersembunyi di bawah rambut.

2. Cobalah kepang air terjun. Gaya rambut yang cantik ini dibikin dengan melepas sisa rambut senantiasa terurai dari kepang Prancis, menyerupai bentuk air terjun. Jika Anda udah jadi biasa mengakibatkan kepang Prancis, ambil langkah seterusnya untuk mencoba kepang air terjun.

3. Buatlah bando kepang. Buat bando dari kepang kecil dan tipis yang dijalin dari satu telinga ke telinga sebelahnya melalui atas kepala. Kepang yang digunakan adalah kepang Prancis atau Belanda, dan jadikan poni sebagai aksen tambahan.

4. Buatlah kepang dari kepang. Caranya? Buatlah kepang tiga bagian biasa, namun tiap bagian udah dikepang lebih dahulu untuk menciptakan kepang besar yang kompleks. Gaya ini sesuai dengan bando atau pin bohemian, atau berikan kesan rumit padahal sebenarnya tidak.

5. Cobalah kepang tali. Ini adalah kepang cantik yang nampak seperti tali berbentuk spiral. Meskipun sukar dikuasai, kepang ini bagus dijatuhkan begitu saja atau dililit jadi sanggul.

Tips

* Kepangan akan rapi dengan menekan dan menarik helai rambut dengan pelan.

* Pertimbangkan ketebalan sisa rambut dikala mengikat ujung kepang. Jangan manfaatkan ikat rambut tidak tipis untuk sisa rambut yang tipis.

* Jika Anda kesusahan belajar mengepang rambut sendiri, coba berlatih dengan rambut teman.

* Jika Anda mengalami kesusahan dikala mengakibatkan kepang Prancis, ikat rambut jadi ekor kuda. Ini akan jadi bagian sedang yang stabil, dan karet termasuk akan tersembunyi dengan kepangan.

* Jangan mencoba dengan rambut sendiri terkecuali mendambakan belajar, coba dengan rambut teman atau boneka.

* Usahakan tidak mengepang rambut amat kencang.

* Untuk penampilan berantakan, jangan mengepang rambut dengan kencang.

* Jika Anda sukar menengahi rambut, ikat ujung tiap bagian dengan karet kecil dan dikala pertalian kepang mendekati ujungnya, lepas karet dan selesaikan kepangan.

* Semprotkan air atau antikusut sehingga kepangan senantiasa rapi.

* Jangan mengurai kepangan dari atas karena rambut akan jadi kering, kasar, dan kusut. Sebaliknya, uraikan kepangan dari bawah.

Hal yang Anda Butuhkan

* Sikat atau sisir

* Ikat rambut

* Hairspray atau gel (opsional)

* Pita, jepit, atau hiasan lain (opsional)